Ujian Forsum Online

2018-01-10 11:39pm

Ujian Forsum Online

Untuk pertama kalinya ujian praktikum formulasi ransum dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi FORSUM ver 1.0. Sebanyak 197 orang mahasiswa yang terbagi menjadi 4 kelompok dari Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan (NTP) dan Program Studi Produksi dan Teknologi Peternakan (PTP) mengikuti ujian praktikum tersebut. Ujian praktikum dilaksanakan pada tanggal 9/1/2018 dan 11/1/2018.

Pada prinsifnya aplikasi FORSUM sama dengan program/software yang berbasis desktop, hanya yang membedakan dengan software lain adalah penggunaan FORSUM dilakukan secara online. Dengan demikian pengguna dapat menjalankan aplikasi ini dimanapun juga asal terhubung ke internet dan tanpa perlu menginstal program.

FORSUM merupakan aplikasi formulasi ransum sapi perah yang berbasis web dan akan dikembangkan dalam versi mobile. Prinsif dasar perhitungan formulasi ransum adalah dengan menggunakan Linear Programming, yaitu suatu model matematik untuk meminimumkan biaya atau memaksimumkan keuntungan. Dengan demikian ransum yang dihasilkan adalah ransum yang termurah (least cost ration).

Aplikasi FORSUM dilengkapi dengan informasi bahan pakan lokal yang umum dan tersedia di berbagai wilayah peternakan sapi perah di Indonesia. Dengan demikian para peternak, praktisi dan mahasiswa dapat menggunakan program ini. [igp]