Nutrien Sapi Laktasi

2017-12-08 4:22am

Nutrien Sapi Laktasi

Secara umum kebutuhan nutrien terdiri dari 1) kebutuhan nutrien untuk hidup pokok (maintenance), dan 2) kebutuhan nutrien untuk produksi (production).

Kebutuhan nutrien untuk hidup pokok adalah nutrien yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan aktifitas dasar, misalnya untuk bernapas, menjalankan fungsi-fungsi tubuh yang dasar tanpa terjadinya pertambahan berat badan. Kebutuhan nutrien untuk hidup pokok ditentukan oleh berat badan (BB). Semakin tinggi berat badannya, makan kebutuhan hidup pokoknya akan semakin tinggi.

Bobot badan metabolis adalah bobot badan pangkat 0.75 (BB0.75). Seekor sapi perah dengan berat 200 kg kebutuhan hidup pokoknya akan berbeda dengan 10 ekor domba dengan berat masing-masing 20 kg. Namun seekor sapi dengan bobot badan metabolis 150 kg BB met akan sama dengan sejumlah domba dengan total bobt badan metabolis 150 kg BB0.75.

Kebutuhan untuk produksi adalah kebutuhan nutrien untuk tujuan produksi tertentu, misalnya sapi perah untuk menghasilkan susu, ayam petelur untuk menghasilkan telur, sedangkan ayam petelur dan sapi potong untuk menghasilkan daging. Dengan demikian jumlah kebutuhan produksi sangat ditentukan dengan tingkat/level produksi. Sebagai contoh seekor sapi laktasi yang menghasilkan susu sebanyak 10 liter/hari kebutuhan nutriennya akan berbeda dengan sapi perah yang menghasilan susu 20 liter/hari, demikian juga sapi potong dengan pertambahan berat badan 0.6 kg/hari akan berbeda jika hanya 1.2 kg/hari.