FORSUM - Aplikasi Formulasi Ransum Sapi Perah Berbasis Web dan Android

2018-01-08 3:34pm

FORSUM - Aplikasi Formulasi Ransum Sapi Perah Berbasis Web dan Android

Pakan memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan produksi ternak. Keberhasilan suatu usaha peternakan sangat ditentukan oleh kualitas pakan yang diberikan. Biaya pakan memiliki peran yang sangat besar. Sebanyak 60-80% biaya produksi suatu usaha peternakan ditentukan oleh biaya pakan.

Ransum yang baik adalah ransum yang seimbang dengan harga yang murah (balance least cost ration), yaitu ransum yang memiliki kandungan nutrien yang cukup, serta menggunakan bahan pakan yang seimbang serta harganya yang rendah. Untuk menghasilan ransum yang seimbang dan murah maka harus menggunakan bahan pakan yang tersedia, berkualitas dan relatif harganya murah.

Formulasi ransum ternak dapat dilakukan dengan metode yang sangat sederhana hingga dengan metode yang lebih modern menggunakan aplikasi komputer.  Saat ini dengan kemajuan ICT (Information and Communication Technology) yang sangat luas maka aplikasi penyusunan ransum dapat dikembangkan berbasis web dan mobile.

FORSUM atau Formulasi Ransum Sapi Perah berbasis web saat ini telah dikembangkan dan menyusul segera FORSUM versi mobile Android. Alamat aplikasi ini adalah http://dairyfeed.ipb.ac.id/formula Aplikasi ini menggunakan prinsif Linear Programming, yaitu suatu model matematik dalam optimasi untuk meminimisasi biaya. Ransum yang diformulasikan dengan FORSUM akan menghasilkan ransum yang sesuai dengan kebutuhan ternak serta dengan harga ransum yang murah. Dalam aplikasi ini dilengkapi basisdata berupa bahan pakan yang yang tersedia di masing-masing sentra produksi susu di Indonesia. Modul Apikasi FORSUM Online ver 1.0 dapat di download disini. [igp]