Feed Formulation of Dairy Goat using FORSUM Online

2018-07-31 3:37pm

Feed Formulation of Dairy Goat using FORSUM Online

Pada tanggal 22-31 Juli 2018 Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan "Summer Course on Exotic Tropical Animal Nutrition and Feed Technology". Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang peserta yang berasal dari Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Malaysia Sabah (UMS), Universitas Tanjung Pura dan Institut Pertanian Bogor sebagai tuan rumah. Dalam Summer Course ini salah satu materi kuliah yang diberikan adalah "Feed Formulation and Feeding Manajemen of Dairy Goat" yang disampaikan oleh Dr. Idat Galih Permana, dosen Divisi Ilmu Nutrisi Ternak Perah. 

Dalam perkuliahan tersebut selain disampaikan tentang "Feed Management of Dairy Goat", juga disampaikan "Feed Formulation of Dairy Goat using FORSUM Online". Dijelaskan bahwa FORSUM Online dapat digunakan untuk menyusun berbagai jenis ransum rumiansia, baik sapi perah, sapi potong, domba maupun kambing perah.

FORSUM Online adalah sistem informasi penyusunan ransum berbasis web dengan menggunakan metode Linear Programming (LP). Dengan demikian ransum yang dihasilkan akan sesuai dengan kebutuhan ternak (balance ration) dan dengan harga ransum yang murah (least cost ration). [igp]. [Downoad materi presentasi]

Peserta Summer Course