Divisi Nutrisi Ternak Perah

2018-04-13 11:44am

Divisi Nutrisi Ternak Perah

Divisi Nutrisi Ternak Perah merupakan salah satu divisi yang berada dibawah Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB. Saat ini Divisi Nutrisi Ternak Perah memiliki enam orang dosen, terdiri dari Prof, Toto Toharmat, Dr. Suryahadi, Dr. Dwierra Evvyernie, Dr. Idat Galih Permana, Dr. Despal dan Anita Sardiana, M.Rur.Sc. Divisi yang diketuai oleh Dr. Dwierra Evvyernie ini berdiri sejak 1963 sejalan dengan pembentukan Fakultas Peternakan IPB.

Mandat pengembangan Divisi Nutrisi Ternak Perah adalah pengembangan ilmu dan penerapan teknologi yang berkaitan dengan standar kebutuhan nutrien, pemberian pakan, proses pencernaan, metabolisme dan rekayasan nutrisi, fisiologi, imunitas, reproduksi, teknik formulasi ransum, dan lingkungan dalam biosintesis produksi susu.

Saat ini berbagai kajian telah dilakukan di Divisi Nutrisi Ternak Perah, yang meliputi: a) standar kebutuhan nutrien dan pemberian pakan sapi perah, b) pencernaan dan metabolisme nutrien sapi perah, c) rekayasa nutrisi dan teknik suplementasi pada sapi perah, d) fisiologi laktasi dan reproduksi sapi perah, e) perkembangan, imunitas dan kesehatan anak sapi, f) kelainan metabolik pada sapi perah, g) dampak kaualitas susu terhadap kesehatan manusia, h) aspek lingkungan (heat stress dan gas rumah kaca), i) sosio-kultur di peternakan sapi perah, j) interaksi aspek nutrisi, lingkungan dan sosio-kultur, dan k) perencanaan dan pengembangan ternak perah. [igp]